Geliat Relawan TIK di Kabupaten Klungkung

Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur pulau Bali yang mulai bergeliat untuk membentuk relawan TIK. Upaya ini diawali pada awal bulan Desember tahun 2014 dengan mengundang Tim Relawan TIK Provinsi Bali untuk berkunjung ke kabupaten Klungkung khususnya ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika di kabupaten Klungkung. Bak gayung bersambut, gagasan untuk mengembangkan Relawan TIK di kabupaten Klungkung pun mendapat dukungan penuh dari Tim Relawan TIK Provinsi Bali.

Kegiatan pertama yang terlaksana sebagai hasil dari pertemuan tersebut adalah terselenggaranya pertemuan untuk menginisiasi pengembangan Saka Telematika dengan menghadirkan unsur Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Klungkung yang juga dihadiri oleh para Pembina Pramuka dari tingkat Penggalang dan Penegak pada tanggal 11 Desember 2014. Saka Telematika merupakan satuan karya Pramuka yang mewadahi minat para anggota  di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tentunya kehadiran Saka ini selaras dengan tujuan dan fungsi dari Relawan TIK. Pihak Kwarcab pun menyambut baik rencana ini dan siap untuk mendukung pengembangkan Saka Telematika di kabupaten Klungkung.

Kegiatan kedua yang dilaksanakan adalah melaksanakan sosialisasi internet sehat dan aman (Insan) kepada para siswa SMA dan SMK di kabupaten Klungkung. Sebanyak empat sekolah menjadi sasaran kegiatan yakni SMKN 1 Klungkung, SMAN 1 Nusa Penida, SMKN 1 Nusa Penida dan SMA Satu Atap Klumpu di mana tiga sekolah terakhir berada di wilayah kepulauan Nusa Penida. Sebanyak 675 siswa dari keempat sekolah diajak berdiskusi tentang apa, mengapa dan bagaimana menggunakan internet secara sehat dan aman yang juga disertai dengan pengenalan tentang relawan TIK. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 13 Desember 2014 yang dilaksanakan di SMKN 1 Klungkung sedangkan pada tanggal 14 Desember 2014 dilaksanakan pada ketiga sekolah di Nusa Penida. Tanggapan para siswa sungguh luar biasa, mereka mengikuti sosialisasi dengan antusias.

Salah satu hasil menarik dari sosialisasi ini adalah terlahirnya kesiapan pada kedua SMK yang kebetulan memiliki program keahlian multimedia ini untuk mempersiapkan siswanya sebagai relawan TIK khususnya untuk mendukung pengembangan website seluruh desa/kelurahan yang ada di kabupaten Klungkung. Kedua sekolah pun akan menjadikan website desa/kelurahan sebagai tugas yang dapat dilaksanakan oleh para siswa baik secara mandiri ataupun berkelompok. Pengembangan website desa/kelurahan ini akan difasilitasi oleh pihak Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klungkung khususnya untuk penyiapan domain dan hostingnya. Semoga apa yang direncanakan dapat terlaksana dan memberikan hasil sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan