Relawan TIK Pemalang Adakan Musyawarah Cabang Pertama

0
75

Kabar Pemalang – Relawan TIK Pemalang pada Sabtu (14/01/2017) melaksanakan Musyawarah Cabang yang pertama. Dalam Muscab ini mengagendakan laporan pertanggungjawaban kepengurusan periode 2014-2016 sekaligus pemilihan ketua baru untuk masa bakti 2017-2021. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pemalang ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rifki Jaya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Nugroho Budi Raharjo, dan dihadiri lebih dari 80 orang peserta.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dispermades Kabupaten Pemalang, Bupati berpesan agar muscab dilaksanakan dengan tertib dan demokratis dan menyusun program dengan mengacu pada program sebelumnya serta melakukan evaluasi program-program yang masih belum optimal.

Kepala Dispermades Kabupaten Pemalang, Rifki Jaya sendiri memberi pengarahan kepada para peserta yang hadir antara lain terkait dengan program yang sudah berjalan yakni Puspindes dan Sidekem. Beliau juga berpesan agar Relawan TIK melakukan koordinasi dengan Diskominfo, terus berpartisipasi membantu desa dengan TIK. Bagi kepala desa, diharapkan dapat menjaga ruh dan semangat dalam pemberdayaan di desa yang selama ini sudah berjalan. Selain itu Relawan TIK juga diharapkan dapat proaktif dengan para mahasiswa.

Kadiskominfo Kabupaten Pemalang, Nugroho Budi Raharjo dalam pengarahaannya memberikan gambaran tentang tantangan untuk mencapai Smart Village. Semua elemen memiliki peranan masing-masing, seperti pemerintahan yang menyediakan pelayanan publik yang baik mulai dari kabupaten hingga tingkat desa. Untuk Relawan TIK sendiri memiliki peranan bersama elemen lain dalam hal pemberdayaan. Tidak hanya dari sisi pemerintahan tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan TIK.

Dalam Muscab ini menunjuk Andri Johandri sebagai pimpinan sidang sementara. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa proses musyawarah melalui kegiatan persidangan dan menggunakan alat-alat kelengkapan persidangan dari sidang pleno, komisi hingga paripurna ini merupakan yang pertama dilakukan Relawan TIK di wilayah Jawa Tengah.

Forum memilih Sumitro Aji Prabowo sebagai pimpinan sidang dan Erni Sulistyowati sebagai sekretaris sidang. Selanjutnya Massol selaku ketua Relawan TIK Pemalang periode 2014-2016 melaporkan pertanggungjawabannya. Forum menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban pengurus lama.

Selanjutnya forum mengamanatkan tiga komisi kepada 3 (tiga) anggota Relawan TIK Pemalang yaitu Gatot Ariwibowo untuk memimpin Komisi Administrasi, Ade sebagai pimpinan Komisi Organisasi dan Massol sebagai Komisi Penyusunan Program.

Rapat Komisi Administrasi melahirkan beberapa poin yang penekannya untuk perbaikan administrasi organisasi. Rapat Komisi Organisasi menghasilkan salah satunya adalah kriteria untuk ketua baru. Sedangkan Komisi Program Kerja menyepakati beberapa program yang sebagian sudah pernah dilaksanakan dan program-program baru.

Dalam sidang sempat terjadi perbedaan pendapat mengenai kriteria calon ketua baru. Selain itu, juga ada perbedaan pendapat mengenai salah satu program yang secara khusus menyebutkan spesifik untuk wilayah Pemalang selatan. Akhirnya forum menyepakati beberapa poin tersebut untuk direvisi dan disyahkan oleh pimpinan sidang.

Dalam sidang pemilihan ketua baru, muncul tiga kandidat yang disusulkan oleh forum. Pertama, Bagus Sutopo yang selama ini aktif dalam kegiatan Relawan TIK sekaligus penggagas Gerakan Melek Teknologi Informasi (GEMATI). Kedua, Massol selaku ketua Relawan TIK periode sebelumnya. Ketiga, Teguh Setyo Widodo selaku Kades Pulosari.

Dalam prosesnya akhirnya menyisakan dua kandidat yakni Bagus Sutopo dan Massol. Otomatis pemilihan akan dilakukan secara voting. Namun sebelum dilakukan voting, kedua calon melakukan diskusi tertutup guna memenuhi ketetapan akhir kandidat. Setelah keduanya berdiskusi akhirnya hanya muncul satu nama, Bagus Sutopo. Setelah pimpinan sidang menyerahkan ke forum akhirnya secara mufakat semuanya mengamanatkan kepada Bagus Sutopo untuk menjadi Ketua Relawan TIK Pemalang masa bakti 2017-2021.

Sebagai ketua terpilih Bagus Sutopo memberikan sambutan mengajak rekan-rekan anggota Relawan TIK Pemalang bersama-bersama untuk membantu demi terwujudnya visi dan misinya Kabupaten Pemalang.

 

Sumber: kabarpemalang.com