Desa Pulosari Gelar Workshop Pemanfaatan TIK

Sabtu (14/02) di Balai Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang dilaksanakan Workshop Pemanfaatan TIK bagi perangkat desa, tim penggerak PKK dan Karangtaruna Desa Pulosari. Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua hari ini didampingi oleh Relawan TIK Pemalang.

Menurut Kepala Desa Pulosari, Teguh Setyo Widodo (39) dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para perangkat desa, tim penggerak PKK dan anggota karangtaruna khususnya di bidang TIK. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya Desa Pulosari yang mandiri dan berdikari.

Hari pertama workshop dimulai dengan pembangunan server desa yang didalamnya dibangun aplikasi open source seperti video teleconference, layanan tv desa(setreaming), telepon gratis dengan menggunakan voip dan layanan perpustakaan online (e-Library).
Andri Johandri salah satu instruktur dalam kegiatan ini mengatakan workshop kali ini dimaksudkan tidak hanya dalam hal penyebaran informasi melalui desa tetapi desa juga natinya menjadi pusat pembelajaran bagi warganya. Selain itu, dengan layanan streaming desa, kelak warga dapat melihat konten-konten lokal seputar desa.

Peserta juga dilatih dalam pengelolaan website desa. Solikhin yang juga ketua Relawan TIK Pemalang mengajarkan kepada peserta bagaimana cara membuat konten berita dan konten lain yang nantinya ditampilkan di website desa. Workshop kali ini peserta juga diajarkan bagaimana membuat konten yang disukai mesin pencari seperti Google.

Dalam kegiatan ini juga diperkenalkan sebuah sistem operasi Open Source, Grombyang OS. Sistem operasi hasil remaster dari Ubuntu 14.04 ini dikembangkan oleh beberapa anggota Relawan TIK Pemalang dan developer dari beberapa daerah seperti Pekalongan, Cianjur, Tangerang, Jakarta dan Aceh.

Tentunya cita-cita menuju desa mandiri dan berdikari tidak akan terwujud tanpa adanya komitmen dan dukungan yang kuat dari semua pihak. Desa, bisa!!!

Sumber : kabarpemalang.com

Tinggalkan Balasan