Relawan TIK Laksanakan Sosialisasi Edukasi Internet Sehat di SMA Negeri 1 Alasa

Alasa, Nias Utara – Senin, 15/12/2014  Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, khususnya penggunaan Internet, dimana sekarang Internet sudah menjadi bagian dari budaya kehidupan sehari-hari  memberikan dampak luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan baik dampak positif maupun negatif, Namun jika dibandingkan dampak negatif lebih banyak menimpa remaja dari pada dampak positif.

Pada kesempatan kali ini, Relawan TIK Nias melaksanakan kegiatan Sosialisasi Internet Sehat kepada seluruh siswa/i SMA Negeri 1 Alasa, Kec. Alasa, Kab. Nias Utara untuk mengajak siswa/i menggunakan internet pada hal-hal yang positif. SMA Negeri 1 Alasa sendiri berjarak sekitar 50 km dari Pusat Kota Gunungsitoli atau sekitar sejam perjalanan. Pada kegiatan ini Relawan TIK akan  menggunakan M-PLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan) sebagai dukungan kegiatan dari Dinas Hubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Alasa diawali dengan sambutan dari Ibu Fajar Linda Warni Hulu, M.Pd,  Kepala SMAN 1 Alasa sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi tersebut. Kepala SMAN 1 Alasa dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh Relawan TIK demi mewujudkan masyarakat informatif khususnya kepada siswa/i di lingkungan SMA Negeri 1 Alasa.

Sebagai pemateri pada kegiatan tersebut disampaikan oleh Ketua Relawan TIK Nias, Efriaman Harefa, yang diawali dengan pemaparan tentang Organisasi Relawan TIK Indonesia serta disusul dengan penyampaian materi Sosialisasi Edukasi Internet Sehat. Para peserta sangat antusias mendengarkan dan mengikuti pemaparan dari Relawan TIK. Setelah selesai pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi, siswa/i mengajukan beberapa pertanyaan seputar penggunaan pemanfaatan internet. Setelah selesai pemaparan materi didalam aula SMAN 1 Alasa, maka diakhiri dengan mengajak siswa/i untuk mempraktekkan menggunakan Internet Sehat dan Aman menggunakan M-PLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan) yang dikoordinir oleh Denuari Mendrofa dan anggota Relawan TIK lainnya.

Kegiatan Relawan TIK ini nanti akan terus dilakukan disekolah-sekolah yang ada di Kepulauan Nias sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat Informatif.

Sumber: rtiknias.or.id

Tinggalkan Balasan