Kenalkan Teknologi untuk Desa, Relawan TIK Pemalang Gelar Festival Detik Jawara

0
527

Relawan TIK Pemalang bersama Pengembang Grombyang OS, Mitra Bersama Foundation dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluar Berencana (Bapermas KB) Kabupaten Pemalang menggelar Festival Desa-Desa TIK Jawa Pantai Utara (Festival Detik Jawara) pada Minggu (23/8/2015) di Ruang Lingga Hotel Regina.
Acara ini digelar dengan maksud untuk memperkenalkan teknologi terbarukan yang dapat dimanfaatkan oleh desa-desa khususnya yang belum terjangkau oleh jaringan internet dengan media kabel tembaga atau serat optik. Di sini lebih dari 300 peserta diperkenalkan tentang Jurnalisme warga dan pemanfaatan teknologi Open Source dengan Grombyang OS yang dikembangkan oleh pemuda-pemuda Pemalang bersama pemuda lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Onno W. Purbo salah satu pakar TIK Indonesia diundang untuk memperkenalkan pemanfaatan Teknologi Jaringan Mesh yang cocok diimplementasikan untuk desa-desa yang belum terkoneksi dengan jaringan kabel. Pembicara lain adalah Helmi Budiprasetio salah satu blogger senior dari Jakarta yang berbagi tentang Jurnalisme Warga. Selain itu, hadir sebagai pembicara adalah Kepala Desa Jebed Utara, Setia Pambudi yang berbagi seputar pemanfaatan TIK di desanya, salah satunya adalah pemanfaatan TIK untuk teleconference atau diskusi jarak jauh.

Selain sesi seminar dengan pembicara-pembicara di atas, gelaran Festival Detik Jawara ini juga menggelar empat workshop secara paralel. Workshop pertama mengenai Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang atau yang disingkat dengan Sidekem dan dibawakan oleh Andri Johandri. Workshop kedua tentang remaster Grombyang OS yang dibawakan oleh Niko dan kawan-kawan dari pengembang Grombyang OS. Workshop ketiga tentang pemanfaatan teknologi VOIP oleh Jordan Andrean dari Relawan TIK Pemalang. Terakhir workshop tentang Jurnalisme Warga dan Optimasi Web yang dibawakan duet Massol dan Erni Sulistyowati dari Relawan TIK Pemalang.

Dalam kegiatan ini hadir Direktur Pemberdayaan Informatika, Septryana Tangkari. Beliau mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan dukungannya terhadap gerakan yang dilakukan rekan-rekan Relawan TIK Pemalang bersama Pengembang Grombyang OS. Diharapkan kelak masing-masing desa memiliki satu orang Relawan TIK guna mendampingi desa dalam pemanfaatan TIK.

Hadir juga Bupati Pemalang, H. Junaedi, SH, MM bersama rombongan. Bupati juga mendukung kegiatan ini dan berharap kepada Relawan TIK Pemalang untuk terus melakukan edukasi perihal pemanfaatan TIK di Pemalang.

Peserta sendiri terdiri dari perwakilan desa-desa di Kabupaten Pemalang, masyarakat umum dan beberapa perwakilan dari desa-desa di seputaran Pantai Utara Jawa.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus sosialisasi domain .ID dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang dibawakan oleh Afif. Selain itu, Grombyang OS juga resmi rilis versi 2.0 yang dirilis oleh Ketua Pengembang Grombyang OS yang juga anggota Relawan TIK Pemalang, Sumitro Aji Prabowo.

Kegiatan ini didukung banyak pihak antara lain ICT Watch, PANDI, Qwords, Telkom, Biznet, PS Rafting Pemalang, Alfina, Kabar Pemalang, Damri Travel, Centra Grafika dan Dompet Pemalang.

sumber: rtikpemalang.or.id