Inisiasi RTIK di SMKN 1 Klungkung

Sumber daya manusia (SDM) merupakan unsur utama dalam pengembangan teknologi informasi. SDM disebut dengan istilah brainware atau mainware yang keberadaannya sangat berarti di samping perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Sehebat apapun hardware dan software tentu tak akan optimal jika tak didukung oleh sumber daya manusia yang memadai.Selain sumber daya manusia yang memiliki kemampuan memadai, faktor komitmen (disebut juga sosioware) sangatlah menentukan.

Dengan demikian kehadiran sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan komitmen yang memadai sangat diperlukan dalam pembangunan TIK, termasuk dalam pengembangan website desa di pada desa-desa di kabupaten Klungkung. Sehubungan dengan hal tersebut, Dishubkominfo kabupaten Klungkung berupaya untuk membentuk Relawan TIK (RTIK) yang salah satu programnya nanti adalah menjadi pendamping desa dalam mengembangkan websitenya.

Untuk membentuk RTIK di kabupaten Klungkung, telah dilakukan inisiasi terhadap para siswa SMKN 1 Klungkung jurusan multimedia pada hari Rabu, 17 Juni 2015 yang diikuti oleh 50 orang siswa kelas XI. Informasi tentang RTIK dan website desa dipaparkan langsung oleh Kabid Informatika Dishubkominfo Kabupaten Klungkung.

Dalam paparan yang berlangsung kurang lebih selama dua jam tersebut, dijelaskan bahwa RTIK merupakan  organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat nirlaba, independen, philantrophis, mandiri yang mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat lain. Program kerjanya meliputi keanggotaan dan organisasi, capacity building, sosialisasi dan edukasi masyarakat dan membangun kemitraan.

Terkait dengan kegiatan inisiasi yang dilakukan di SMKN 1 Klungkung, dijelaskan bahwa parasiswa SMK jurusan multimedia yang ada di SMKN 1 Klungkung telah memiliki dasar-dasar pengetahuan multimedia sehingga dianggap memiliki kapabilitas sebagai pendamping website desa. Kegiatan yang sama nantinya juga akan dilakukan di SMKN 1 Nusa Penida, untuk mendampingi 16 desa yang ada di kecamatan Nusa Penida.

Walaupun inisiasi RTIK menyasar para siswa SMK jurusan multimedia, bukan berarti kesempatan untuk menjadi RTIK tidak terbuka untuk orang lain. RTIK terbuka untuk siapa saja yang memiliki kemauan untuk ngayah/mengabdi dalam pembangunan TIK kepada daerah. Mahasiswa, pekerja atau siapa saja yang mau ngayah untuk desa ataupun kabupaten, akan diterima dengan tangan terbuka. Kegiatannya pun tak hanya terbatas pada pendampingan website desa, namun diutamakan dengan program-program TIK yang menjadi “demand” kebutuhan dari masyarakat dalam rangka menuju Masyarakat Informatika.

Untuk pengorganisasian RTIK, nantinya akan dibentuk pengurus RTIK Kabupaten Klungkung. Para pengurus akan dipilih dari para relawan yang akan ditetapkan serta dikukuhkan oleh RTIK Pusat. Semoga kehadiran RTIK mampu mendukung pembangunan di kabupaten Klungkung menuju Klungkung yang unggul dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan