Serunya Pekan TIK Bojonegoro 2015 Hari Pertama

Foto bareng peserta Pekan TIK RTIK Bojonegoro

“Relawan TIK Bojonegoro berupaya untuk ikut serta memberdayakan semua komunitas TIK yang ada di Bojonegoro untuk turut serta berperan memajukan masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya dalam bidang TIK”, Ujar Ketua Relawan TIK Bojonegoro dalam sambutannya ketika membuka Pekan TIK Bojonegoro, Selasa (9/6/2015). Rifaun juga mengajak 20 orang peserta yang hadir untuk bergabung dengan Relawan TIK Bojonegoro.

Acara dilanjutkan dengan materi Dasar Instalasi dan Optimasi Operating System (OS) Copyright dan Copyleft oleh Eko Prasetyo dari Kelompok Studi Linux (KSL) Linux AKN Bojonegoro. Peserta diajak sedikit oprek dan mengoptimalkan Operating System Berbasis Windows. Dilanjutkan dengan instalasi Operating System Linux. Pilihan  Distro untuk instalasi adalah Ubuntu versi 15.04 Vivid Vervet. Proses Instalasi berjalan sekitar 15 menit dan selanjutnya instalasi aplikasi yang dibutuhkan.

Sugeng Siswanto, salah satu peserta dari Bancar Kabupaten Tuban, mengatakan sangat berterimakasih sudah bisa ikut berpartisipasi dalam Pekan TIK 2015. Mas Sugeng berharap juga kegiatan seperti ini bisa juga dilaksanakan di Kabupaten Tuban.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegaiatan ini sampe selesai karena di akhir acara diberikan tips tips bagaimana mengoptimalkan Operating System di komputernya masing-masing.

Peserta pelatihan juga banyak yang mengucapkan terimakasih, karena telah mendapatkan ilmu baru khususnya tentang optimasi OS komputer. Peserta juga diberikan akses oleh panitia untuk mengcopy Ubuntu terbaru versi 15.04 Vivid Vervet tanpa harus mendownloadnya.

Sumber: rtikbojonegoro.or.id

Tinggalkan Balasan