Festival TIK untuk Rakyat, “Wilijeng Surfing 2012″

Pagelaran Festival TIK untuk Rakyat, ” Wilujeng Surfing 2012”, yang diselenggarakan di Politeknik Telkom Bandung terlaksana atas prakarsa  Kementerian Komuniasi dan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika  Provinsi Jawa Barat, Politeknik Telkom dan Relawan TIK ini berlangsung pada hari Sabtu, 28 April 2012 hingga Minggu, 29 April 2012. Dalam pagelaran ini panitia menyediakan banyak kegiatan antara lain 4 seminar dan lebih dari 20 Workshop yang sifatnya terbuka untuk umum dan gratis. Selain itu juga disediakan pameran produk TIK  dari pemerintah, industri, perguruan tinggi dan komunitas dan pagelaran Wayang Golek .

Kegiatan Festival TIK untuk Rakyat ini dimulai dengan Opening Ceremony yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur  Jenderal Aplikasi dan Telematika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, DR. Ashwin Sasongko yang sekaligus mengukuhkan Relawan TIK regional Jawa Barat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Direktur Politeknik Telkom,  direksi Telkom Indonesia,  direksi PT. Pos Indonesia, pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pejabat di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan undangan dari lingkungan pendidikan, pegiat TIK, komunitas, dan sebagainya. Opening Ceremony ini juga diramaikan dengan pertunjukan seni seperti tari daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jawa Barat juga pertunjukan musik dari beberapa mahasiswa dan paduan Suara mahasiswa Politeknik Telkom yang menyanyikan lagu-lagu nasional.

Dalam kegiatan Festival TIK untuk Rakyat ini juga dilaksanakan Musyarawarah Nasional (Munas) Relawan TIK. Pada Munas tersebut terpilih kembali secara aklamasi sdr. Indriyatno Banyumurti sebagai ketua Relawan TIK periode 2012-2015.

Antusiasme peserta Festival TIK untuk Rakyat ini begitu luar biasa. Acara ini ternyata tidak hanya dikuti oleh warga Bandung saja melainkan dari berbagai kota lain seperti Bogor, Semarang, Surabaya bahkan  peserta dari luar Jawa seperti dari daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua dengan atribut masing-masing baik itu dari  lingkungan pendidikan menengah, perguruan tinggi, bloger, pemerintahan, relawan tik dan masyarakat umum lainnya.

Menariknya acara ini karena peserta dapat mengikuti kegiatan seperti;  Seminar, Workshop dengan nara sumber yang cukup berkompeten di bidangnya seperti Bpk Ashwin Sasongko (Dirjen Aptika Kemkominfo), Itoch Tochija (Walikota Cimahi), Onno W. Purbo (Pakar TIK), Nukman Luthfie (Pakar Media Sosial), Sam Bimbo (Musisi), Yana Noviandi (Kepala Desa Mandala Mekar), Ahmad Nasir (Jalin Merapi), Heru Tjatur (ICTWatch), Blontankpoer (Blontea), Bob Merdeka (Maicih), Anto Motulz (SalingSilang), Karel Anderson (BlogDetik), Sigit Widodo (PANDI), wawan Hernawan (Gigsonsky) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun seminar yang dilaksanakan antara lain; Seminar Nasional tentang Perkembangan TIK dan Dampaknya bagi Masyarakat Indonesia, Teknologi Telekomunikasi Terbuka, Sosialisasi Internet Sehat dan Aman tentang Stop Download dan Upload Ilegal, Internetpreneur tentang Peran Internet dalam mendukung Kewirausahaan.

Karena jumlah workshop yang sangat banyak, maka workshop-workshop tersebut dilaksanakan secara paralel. Workshop yang dilaksanakan antara lain; Penggunaan Software Processing, Pemberdayaan Desa MelaluiTIK, Tren dan Peluang Game Developer, Pemanfaatan TIK Untuk Pendidikan, Hosting dan Domain Indonesia, Telkom Bandung Digital Valley, Mencari Untuk Melalui Blog, Migrasi Open Source, Berbagi Informasi dengan Twitter, TIK untuk Mitigasi Bencana, TIK untuk Kesehatan, Saka Telematika, TIK dan Perempuan, Fotografi Bercerita Melalui Gambar, Jualan di Kaskus, Peran Media Sosial di Indonesia, TIK dan Pemberantasan Korupsi, Pengembangan Aplikasi Android, Akademi Berbagi: Efektivitas dan Etika Berjualan di Social Media, Aplikasi Animasi Berbasis Open Source, Membangun Radio Online, dan Video Blogging.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya TIK untuk menuju masyarakat informasi Indonesia. Salam Relawan TIK!

Tinggalkan Balasan