Mengajar Masyarakat agar Melek Internet

Sekelompok pelajar berseragam putih abu-abu berkerumun di sebuah mobil yang diparkir di salah satu kecamatan di Pringsewu. Mobil ini membawa perangkat komputer yang dapat digunakan mereka untuk mengakses internet. “Kami ingin semua siswa dan penduduk di pelosok desa bisa menggunakan komputer dan internet”, ujar Ketua Relawan TIK Provinsi Lampung, Muhammad Said Hasibuan. Saat ini Provinsi Lampung memiliki 150 orang Relawan TIK dengan beragam latar belakang pendidikan dan profesi.

Kepengurusan Relawan TIK Provinsi Lampung sendiri telah dibentuk di akhir tahun 2011 dan menyusul kepengurusan di tiga kota/kabupaten yaitu: Bandar lampung, Pesawaran dan Pringsewu. Salah satu tugas yang diemban Relawan TIK di Provinsi Lampung adalah mengoptimalkan infrastruktur teknologi informasi yang sudah disebarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ke daerah-daerah. Said mengatakan, “Sudah banyak bantuan dari Kemkominfo yang diberikan ke kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, seperti desa internet dan mobil internet, namun sumber daya tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Peralatan tidak digunakan sesuai fungsinya karena tidak dikelola oleh orang yang menguasai teknologi informasi. Malah ada mobil internet yang dipakai mengangkut sayuran.”

Selain mengajarkan internet, para relawan ini juga memberikan pelatihan membuat blog, email dan jejaring sosial. Mereka tidak hanya mengajarkannya kepada siswa dan masyarakat umum, bahkan juga kepada aparat pemerintah daerah. Termasuk salah satunya membantu aparat pemda dalam proses pembuatan KTP elektronik atau e-KTP. Berdasarkan pengalaman, ternyata banyak operator di kecamatan yang belum menguasai teknologi perekaman e-KTP tersebut.

Maju terus Relawan TIK Lampung!

Sumber berita: www.lampungpost.com

Artikel Lainnya : 

– Seminar “Gerakan Guru Melek Internet” di Politeknik Telkom, Bandung

– Pelatihan TIK di Universitas Al Asyariah Mandar, Sulawesi Barat

– Masih Takut Memegang Mouse Komputer

– Sharing Internet Sehat dan Meetup Perdana Relawan TIK Jakarta tahun 2012

Tinggalkan Balasan