Relawan TIK Indonesia » Bimbingan Teknis untuk Tuna Netra di Surabaya

Relawan TIK Jawa Timur membantu Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para anggota Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Jawa Timur. Bimtek diikuti sekitar 25 peserta tunanetra dan dibuka oleh Sekjen PERTUNI Pusat Bapak Wahyu. Pada sambutannya Bpk Wahyu mengatakan, berdasarkan pada konvensi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2003 mengenai perlindungan terhadap penyandang cacat maka pemerintah wajib melakukan perlindungan terhadap para penyandang cacat dan Indonesia telah meratifikasinya dan disyahkan oleh DPR pada tanggal 18 Oktober 2011 Dikatakan pula bahwa keterbatasan PERTUNI pada sarana TIK, dan hari ini Kemkominfo telah memfasilitasi PERTUNI Jawa Timur dengan memberikan bantuan berupa perangkat CAP khusus untuk orang buta. Untuk itu PERTUNI Jawa Timur menyampaikan rasa terimakasih telah dipercaya untuk menerima bantuan dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas SDM para anggota PERTUNI.

Pelaksanaan Bimtek pada tanggal 25 Oktober 2011 di Mall BG Junction Surabaya, dengan menghadirkan instruktur dari Yayasan Mitra Netra Jakarta Bapak Sugio.

Peserta Bimtek terdiri dari usia anak sekolah dan dewasa, dari yang pemula belum mengenal komputer hingga yang sudah memiliki ketrampilan dasar mengoperasionalkan komputer, bahkan ada juga yang sudah memiliki blog dan media sosial lainnya. Peserta meski semuanya tidak bisa melihat tetapi mereka mandiri dan antusias dalam mengikuti Bimtek dengan materi pengenalan komputer dengan aplikasi screen reader. Sehingga layar monitor tidak penting bagi tunanetra, mereka mengikuti instruksi dari suara . Perlu kejelian dan ketelitian dalam mendengarkan
dan memahami atau perintah dari sceen reader, maka untuk mendapatkan suara yang jelasmereka kadang membalikan layar monitor. Tampak menarik jika dilihat mereka yang biasa menggunakan layar.

Pelatihan ini berjalan lancar, berkat kesigapan teman-teman relawan TIK Jawa Timur yang membantu kelancaran penyelengaraan Bimtek dan serta acara serah terima secara simbolis perangkat komputer untuk Tunanetra yang berasal dari program Community Access Point (CAP), Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. (B3)

Berita Lainnya:

Tinggalkan Balasan