Pengukuhan dan Pembekalan Relawan TIK Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara merupakan provinsi kepulauan dengan kabupaten/kota yang tersebar di beberapa pulau, hal ini menyebabkan tantangan tersendiri dalam perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah ini, tidak hanya infrastruktur juga dalam pembelajaran kepada masyarakatnya. Relawan TIK (RTIK) Provinsi Maluku Utara siap menerima tantangan tersebut untuk dapat turut mewujudkan masyarakat informasi di Maluku Utara. Pada tanggal 1 Oktober 2013, Relawan TIK Maluku Utara dikukuhkan dalam sebuah acara yang dirangkaikan dengan workshop yang diisi dengan beragam materi yang akan menjadi bekal aktivitas RTIK.

Pada sesi pertama, ketua Relawan TIK Indonesia, Indriyatno Banyumurti, menyampaikan latar belakang berdirinya Relawan TIK beserta program kerjanya dan kegiatan yang telah dilakukan di daerah lainnya di Indonesia. Kemudian Erwin Gunawan dari RTIK Maluku Utara, menceritakan kondisi Teknologi Informasi di daerah ini serta beberapa aktivitas RTIK Maluku Utara yang telah dijalankan seperti sosialisasi internet dan pengelolaan MPLIK.

Sesi Kedua, Boni Pudjianto dari Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kemkominfo sharing tentang Internet Sehat dan Aman yang dilanjutkan sharing tentang Pendidikan TIK bagi guru-guru di Sekolah. Dan terakhir Irsaydul Ibad memaparkan Gerakan Desa Membangun, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh desa dalam pemanfaatan TIK bagi pembangunan desanya. Sesi kedua ini menampilkan beragam contoh program kegiatan yang dapat dijalankan oleh RTIK Maluku Utara.

Dengan pengukuhan Relawan TIK Provinsi Maluku Utara ini diharapkan beragam aktivitas yang telah dilakukan selama ini dapat lebih dipacu dengan dukungan kolaborasi dari berbagai pihak seperti komunitas, kampus dan khususnya pemerintah daerah.

Tinggalkan Balasan